Yuk, Lakukan Cara Ini Untuk Menjaga Kebersihan!

Musim hujan menjadi momok bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir. Tidak jarang juga jika penyebab banjir bukan berasal dari penataan ruang kota yang salah, tetapi karena kesalahan masyarakat sendiri. Kebiasaan membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan penghijauan di lingkungannya menjadi penyebabnya. Oleh sebab itu, Anda sebagai masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan. Bila Anda bingung bagaimana cara menjaga keasrian dan kebersihan, informasi di bawah ini akan membantu Anda.

Buang Sampah Pada Tempatnya

Cara menjaga kebersihan yang paling sederhana dimulai dari kesadaran diri sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya. Oleh karena itu, ketersediaan tempat sampah yang memadai di lingkungan menjadi hal yang harus diperhatikan. Akan lebih bagus lagi jika Anda menyediakan tempat sampah terpisah sesuai dengan jenisnya. Dengan begitu, pengelolaan sampah akan lebih mudah dan sesuai dengan jenisnya.

Jaga Kebersihan Rumah

Sebelum menjaga kebersihan di luar, ada baiknya jika Anda dimulai dari bagian yang paling terkecil, yaitu kebersihan rumah yang Anda tinggali. Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk turut andil dalam menjaga kebersihan tempat tinggal dengan cara membuat daftar pekerjaan dan jadwal pembersihan kepada mereka. Misalnya, ayah diwajikan menyapu halaman, anak-anak membersihkan kamar masing-masing, dan ibu di bagian dapur. Cukup adil, kan?

Olah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos

Sampah rumah tangga biasanya didominasi oleh sampah organik. Oleh sebab itu, untuk menjaga kebersihan rumah Anda bisa memanfaatkan sampah tersebut untuk diubah menjadi pupuk kompos demi menjaga kebersihan. Cara membuat pupuk kompos ini cukup mudah, kumpulkan saja sampah rumah tangga dalam satu wadah ember atau drum. Kemudian, lubangi bagian bawah wadah penampungan sampah ini. Selanjutnya, tanam wadah berisi sampah di dalam tanah dengan kedalaman minimal 10 cm. Taburkan serbuk gergaji atau tanah di atas sampah tersebut. Setelah didiamkan selama 3 bulan, keluarkan wadah dari tanah untuk diangin-anginkan selama 1 minggu. Nah, setelah itu popok kompos sudah siap untuk dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *