Trik Jitu Untuk Merawat Baju Batik Kesayangan

Apa Anda memiliki batik? Berapa banyak baju batik Indonesia yang Anda miliki di dalam lemari? Berapa banyak pun batik yang Anda miliki, jangan pernah lupa untuk selalu merawatnya agar awet dan tahan lama. Mungkin banyak dari Anda yang sebenarnya bingung bagaimana cara merawat baju batik yang baik dan benar. Sudah mencari-cari referensi, namun masih belum menemukan cara yang tepat, Mungkin beberapa trik jitu di bawah ini bisa membantu Anda menuntaskan segalanya. Yuk, simak artikelnya!

Jangan dilipat

Tahukah Anda bahwa melipat batik bukanlah cara yang tepat untuk menyimpannya dalam jangka waktu yang lama? Melipatnya hanya akan membetuk garis pada serat kain batik, sehingga serat kai akan lebih cepat patah dan lapuk. Jadi, cara yang benar untuk merawat baju batik adalah dengan cara digantung. Sebaiknya gunakan gantungan baju yang memiliki bantalan busa, agar serat pada batik tersebut tidak terkait dan menjadi rusak. Sementara, untuk kain atau selendang batik, Anda bisa menggunakan gantungan dengan penjepit.

Jangan menggunakan pewangi di lemari

Untuk menghindari ngengat dan bau apek pada pakaian, mungkin Anda tidak lupa untuk selalu meletakan pewangi lemari atau kapur barus di dalam lemari. Meski memberikan banyak manfaat untuk pakainya, nyatanya pewangi ini menjadi musuh utama bagi batik. Benda-benda ini malah membuat batik cepat rusak dan juga kusam. Oleh sebab itu, hindari penggunaan kapur barus pada lemari Anda demi merawat baju batik kesayangan. Mungkin, Anda bisa meletakan batik dan pakaian Anda secara terpisah jika memang tidak bisa menghindari penggunaan pewangi lemari. Dengan begitu, pakaian Anda akan tetap wangi, dan batik kesayangan akan terawat dengan baik.

Say no to parfume

Selain bermushan dengan pewangi lemari, nyatanya batik juga tidak bisa Anda padukan dengan parfume. Kandungan bahan aktif pada parfume lama kelamaan bisa merusak motif dan warna asli batik. Tetapi, bukan terarti Anda tidak bisa menggunakannya sama sekali. Cara terbaik merawat baju batik sekaligus memadukan parfume dan baju tersebut ialah dengan tidak menyemprotkan langsung pewangi favorit Anda kepada kain batik. Selama tidak berkontak langsung dengan pakaian Anda, maka semuanya akan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *