Tips Perencanaan Pensiun Untuk Setiap Pasangan

perencanaan pensiunBanyak pasangan yang tidak pernah membicarakan perencanaan pensiun dengan pasangannya. Ini karena tidak mudah untuk mepersiapkan dana pensiun secara optimal. Akibatnya juga bagi mereka yang berusia 30 tahun, pensiun terasa masih jauh. Nyatanya, ketika kamu telah memasuki dunia kerja, waktu akan berjalan dengan cepat. Tanpa terasa waktu bergerak kamu sudah mencapai usia pensiun. Jika kamu sudah berkeluarga, seharusnya kamu sudah memiliki perencanaan pensiun bersama pasangan. Banyak hal yang harus dipersiapkan dan memang lebih efektif jika dikerjakan bersama pasangan. Berikut adalah langkah-langkah perencanaan pensiun yang perlu kamu pertimbangkan dengan pasangan sebelum berusia 50 tahun.

1. Tentukan ‘harga’ Pensiun

Seperti yang disebutkan, banyak pasangan yang tidak membicarakan persiapan pensiunnya. Padahal ketika sudah penius, kamu akan menjalani sisa hidup bersama pasangan. Kemungkinan besar anak-anak kamu tidak mengurus keuangan kamu dan meneruskan kehidupan masing-masing. Karena itu kamu harus bekerjasama dengan pasangan untuk memiliki kehidupan yang nyaman saat di hari tua. Cobalah hitung dana yang dibutuhkan untuk pensiun kalian dan siapkan uang yang dibutuhkan dari sekarang.

2. Maksimalkan Uang Pensiun

Semakin lama kamu bekerja, pastinya penghasilan kamu akan meningkat. Memiliki utang semasa kamu prodif adalah hal yang normal. Misalnya kredit kendaraan atau rumah pribadi. Satu per satu utang tersebut akan lunas dan saat anak-anak selesai dengan pendidikan, mereka akan bekerja dan pengeluaran kamu ke mereka akan berkurang. Kelebihan dana yang sering digunakan untuk membayar cicilan bisa digunakan untuk memaksimalkan perencanaan pensiun secara finansial. Dana yang diinvestasikan akan lebih cepat meningkat dan keuntungan kamu akan semakin besar.

3. Bedakan Pensiun Dengan Berlibur

Banyak orang berharap untuk pindah ke tempat yang lebih tenang ketika sudah pensiun. Keinginan ini tidak akan bermasalah jika kamu memang berkomitmen untuk pindah ke tempat yang kamu inginkan. Tetapi tidak jarang ada pasangan yang memutuskan atas keputusan ini. Beberapa bulan awal memang terasa lebih menyenangkan karena tidak perlu menghadapi kemacetan dan polusi kota dan mendengar keributan kendaraan.

Namun, kebanyakan pasangan berkata setelah beberapa saat ternyata lingkungan tersebut terlalu sepi. Akhirnya mereka pindah kembali ke rumah atau kota sebelumnya untuk berkunjung ke mall, berolahraga dan lainnya. Karena ini, biaya akan keluar cukup banyak. Ini bukanlah liburan tapi pindahan. Jika kamu memilih untuk tinggal di lingkungan yang lebih tenang, pastikan kamu akan berkomitmen untuk tinggal di tempat tersebut.

4. Pelihara Kesehatan

Kesehatan adalah sebuah keharusan. Tidak hanya mendukung masa tua yang lebih sejahtera secara fisik, kamu juga dapat menyimpan banyak dana dengan menjaga kesehatan. Dan dengan ini, kamu tidak perlu membiayai pengobatan rumah sakit. Biaya tersebut bukan hanya masa kini tetapi juga untuk masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *