Tips Pengelolaan Sampah yang Baik dan Benar

Permasalah lingkungan yang berhubungan dengan sampah memang tidak ada habisnya, bahkan semakin lama menjadi persoalan yang serius, khususnya di kota-kota besar. Di negara-negara maju, mereka telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ini. Misalnya dengan membuat alat pembangkit tenaga listrik dengan bahan bakar sampah. Selain itu juga dilakukan berbagai upaya dengan cara-cara yang lebih maju dan modern, sehingga permasalahan sampah dapat diselesaikan secara signifikan.

Sebelum mengambil langkah besar untuk menyelesaikan masalah ini, mungkin Anda bisa memulainya dari diri sendiri. Di artikel ini akan memberikan Anda beberapa tips pengelolaan sampah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Ingin tahu apa saja tipsnya? Yuk, baca sampai selesai!

Pilah Sampah di Rumah Anda

Mengelola sampah berarti mengumpulkan, mengangkut, memproses, mendaur ulang, atau membuang material sampah. Setiap harinya, manusia pasti menghasilkan sampah. Entah itu sampah rumah tangga seperti sisa makanan, plastik, hingga sampah dari proses industri. Oleh karena itu, tips pengelolaan sampah yang pertama untuk Anda ialah memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya. Dengan memisahkannya, maka Anda akan lebih mudah untuk mengelolahnya.

Daur Ulang Sampah Anda

Seperti yang sudah diketahui banyak orang jika sampah rumahan atau organik bisa Anda ubah menjadi pupuk kompos. Oleh karena itu, Anda bisa melakuakn tips pengelolaan sampah kedua, yaitu dengan mendaur ulang sampah. Bila sampah organik bisa di jadikan pupuk, maka sampah anorganik bisa Anda sulap menjadi barang dengan manfaat baru dan bernilai ekonomis seperti tas, vas bunga, tempat tissue, hingga benda lainnya. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda telah membantu mengurangi sampah untuk lingkungan.

Terapkan Teknik Landfill

Setelah Anda memilah sampah dan mendaur ulang, pasti ada beberapa sampah yang benar-benar tidak bisa dipakai lagi. Untuk itu, Anda bisa menerapkan tips pengelolaan sampah ketiga, yaitu dengan menerapkan teknik landfill atau menumpul sampah di tanah rendah pada area terbuka sebagi tempat pembuangan sampah. Dengan begitu, sampah Anda tidak akan tercecer dan mencemari lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *