Tips Mudah Membuat Batik di Rumah

Saat berkunjung ke Yogyakarta, Solo, Pekalongan, bahkan Cirebon, Anda bisa menemukan pengerajin Batik dengan mudah. Bukan hanya menyaksikan mereka membuat Batik, Anda juga bisa ikut belajar membatik bersama para seniman membatik. Tapi, bagaimana jika Anda ingin mencoba membatik sendiri tanpa harus mengunjungi kota-kota Batik? Jika memang berminat, Anda harus simak tips membuat Batik di rumah berikut ini.

Siapkan bahan dan alat membatik

Sebelum membuat Batik, pastikan dulu Anda telah melengkapi semua bahan dan alat yang diperlukan untuk memproduksi kain Batik. Dari sekian banyak hal yang diperlukan, lilin Malam canting, dan gawangan wajib Anda miliki. Untuk mendapatkan kedua alat ini mudah, kok. Anda bisa membelinya di pasar tradisional dekat rumah atau toko khusus yang menjual perlengkapan membatik. Jika bahan dan alat lain seperti kain, hoop art, panci, dan pewarna, maka Anda sudah siap untuk ke tahap selanjutnya.

Buat Pola yang Anda inginkan

Batik Indonesia memiliki motif yang beragam. Anda bisa memilih motif mana yang akan Anda buat atau Anda bisa menciptakan motif Batik khas diri sendiri. Lalu, buat polanya di kertas mori sebelum diterapkan ke kain yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tidak perlu tebal-tebal, goresan tipis menggunakan pensil sudah cukup. Proses membuat Batik tahap kedua ini memang membutuhkan kreativitas yang tinggi.

Tebalkan pola dengan Lilin Malam

Setelah melewati proses membuat batik tahap kedua, saatnya memindahkan pola ke kain yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Selanjutnya, Anda bisa memulai aktivitas inti yaitu membatik. Tebalkan garis-garis pola yang tergambar dengan menggunakan lilin Malam yang telah dicairkan. Jangan lupa menggunakan canting sebagai alat bantu membatik. Lakukan kegiatan ini dengan hati-hati agar hasilnya sesuai dengan ekspetasi Anda.

Pilih dan Warnai Batik buatan Anda

Setelah selesai menorehkan lilin Malam di kain batik, saatnya masuk ke tahap membuat Batik selanjutnya yaitu proses pewarnaan. Caranya, rebus air panas di panci yang besar, setelah mencapai suhu yang pas, celupkan kain yang akan diwarnai ke dalam panci. Tidak perlu lama-lama merebus kain batik Anda. Tetapi jangan lupa tutupi bagian kain yang tidak ingin Anda warnai dengan lilin malam, ya.

Lunturkan lilin Malam yang tersisa

Setelah kain Batik Anda lebih bewarna, saatnya melunturkan lilin Malam yang masih menempel di kain. Proses kelima membuat Batik ini  hanya perlu merebus kain tersebut di air bersih yang direbus selama beberapa menit. Setelah proses ini dilalui, maka pola Batik yang telah Anda lukis akan tampak lebih jelas dan nyata. Jika Anda sudah melihatnya, maka saatnya masuk ke tahap akhir membuat batik.

Cuci dengan Air

Setelah tahap panjang membuat Batik Anda lewati, saatnya Anda mencuci kain Batik dengan air dingin. Tidak perlu di kucek, cukup rendam kain terebut tanpa campuran apa pun. Setelah selesai di rendam, jemur kain di tempat sejuk hingga kering. Taraaaa! Batik buatan Anda telah selesai dan siap digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *