Tips Membersihkan Saluran Air di Atap Rumah

Saat musim hujan tiba, pohon di sekitar rumah akan berguguran dan memenuhi selokan atau pun parit di atas genteng Anda. Hal ini lah yang kerap kali membuat rumah Anda bocor atau rembes. Tentu saja ini akan sangat merepotkan Anda, karena harus menyediakan ember untuk menampung air yang bocor dan mengeluarkan uang demi memperbaikinya. Sebelum terlambat, ada baiknya jika Anda segera membersihkan saluran air di atap rumah sebelum terjadi hal-hal merugikan. Berikut beberapa tipsnya untuk Anda.

Persiapkan Tangga

Ketika Anda hendak membersihkan saluran air atas genteng rumah, pastikan Anda telah mempersiapkan tangga sebagai alat memanjat. Anda dapat menggunakan tangga yang berbentuk lurus dan terbuat dari bahan yang kuat. Tapi jika Anda tidak memilikinya, maka Anda mungkin lebih baik menggunakan tangga ekstensi. Pastikan tangga telah menempel dan bersandar pada dinding rumah dengan aman. Setelah tangga sudah disetting dengan baik, maka Anda bisa melanjutkan ke proses selanjutnya.

Sediakan Tempat Sampah

Saat Anda naik ke atas genteng, pastikan Anda membawa plastik atau tempat sampah bersama dengan Anda. Benda tersebut tentunya berguna sebagai tempat penampungan sampah-sampah yang ada di atas. Dari pada Anda harus membuangnya ke bawah dan membersihkannya kembali, lebih baik Anda langsung memasukannya ke dalam tempat pembuangan, kan?

Jangan Lupa Gunakan Sarung Tangan

Daun basah dan potongan kayu yang terdapat dalam jalan aliran air akan berbahaya saat Anda membersihkannya. Terlebih lagi jika daun bercampur kayu patah dan serpihan kayu. Kenapa? Karena benda-benda tersebut dapat melukai tangan Anda ketika membersihkan saluran air dengan tangan kosong. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan pelindung ketika memisahkan antara daun dan serpihan kayu.

Gunakan Mesin Pembersih Khusus

Jika Anda ingin lebih mudah ketika membersikan saluran air di atas rumah, Anda dapat mengeluarkan sedikit uang untuk membersihkan kotoran pada selokan genteng dengan membeli alat pembersih khusus seperti vacuum yang memang didesain untuk membersihkan selokan pada atap rumah Anda. Dengan begitu, pekerjaan Anda akan lebih cepat dan juga efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *