Tips Kelola Keuangan Anda dengan Bijak

kelola keuanganMenjadi seseorang dengan kemampuan mengelola uang dengan baik adalah sebuah hal yang patut Anda syukuri. Banyak orang menghabiskan masa tua dengan penyesalan karena tidak bisa mengatur pengeluaran dengan bijak. Namun jika Anda tidak mengetahui cara kelola keuangan, maka perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Manfaatkan Potongan Harga

Beberapa tempat perbelanjaan offline store maupun online pasti akan memberikan diskon pada beberapa barangnya. Bila ingin membeli barang, manfaatkan diskon tersebut agar tidak terlalu memotong budget terlalu besar. Beli barang yang sekiranya dibutuhkan agar saat harga tersebut sudah normal, Anda sudah mempunyainya. Perhatikan moment penting seperti hari raya, harbolnas dan sebagainya agar Anda mengetahui kapan toko tersebut diskon, sehingga Anda sudah mengatur jadwal dengan baik dan mempersiapkan dana yang akan dikeluarkan.

2. Hindari Belanja Berlebihan

Perhatikan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan Anda, agar kelola keuangan menjadi stabil. Jika Anda menginginkan sebuah barang, lihat apakah benar-benar dibutuhkan? Jangan tergoda dengan packaging yang menarik, terkadang justru akan membuat Anda menyesal setelah membelinya. Usahakan tidak terburu-buru dalam membeli barang demi menjaga keuangan Anda. Selain itu cobalah berkeliling melihat beberapa toko lainnya, biasanya barang yang Anda inginkan dijual dengan harga lebih murah.

3. Buat Anggaran Harian

Buatlah catatan pendapatan dan pengeluaran Anda sehari-hari agar mengatur uang menjadi lebih mudah. Jika akan berbelanja bulanan, buat catatan apa kebutuhan yang harus Anda beli. Tanpa disadari jika ke tempat perbelanjaan tanpa mengetahui apa yang harus dibeli, akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak dengan membeli barang yang tidak dibutuhkan. Fokus pada perencanaan anggaran Anda, cara ini akan berhasil jika Anda konsisten.

4. Persiapkan Dana Darurat

Selain tabungan untuk masa depan, sisihkan uang untuk dana darurat. Dana ini akan sangat membantu pada keadaan yang tak terduga. Situasi tak terduga akan datang kapan saja seperti saat Anda sakit, melakukan service pada barang-barang Anda dan sebagainya. Mungkin akan terasa sulit dan keuntungan tidak bisa dirasakan secara langsung, namun cara ini sangat baik kelola keuangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *