Tips Jitu Merawat Batik Agar Awet

Seperti pakaian pada umumnya, baju Batik harus Anda cuci demi merawatnya. Tetapi, Anda mesti memperhatikan bagaimana cara mencuci Batik dengan baik dan benar. Oleh karena itu, simak tips jitu merawat batik agar awet berikut ini.

Cara mencuci Batik

Bagaimana cara Anda mencuci? Jika Anda menggunakan mesin cuci, maka Anda harus memisahkan Batik kesayangan agar tidak masuk ke mesin cuci. Mencuci Batik dengan mesin cuci akan membuat serat-serat kain Batik mudah rusak. Selain itu warna di baju Batik Anda akan cepat pudar jika mencucinya dengan mesin cuci. Oleh sebab itu, pastikan baju Batik Anda dicuci dengan tangan untuk menjaga warna dan merawat batik dengan baik. Jangan lupa juga untuk menggunakna ditergen khusus kain Batik, ya!

Jangan gunakan pemutih!

Selain detergen khusus, jangan pernah menggunakan pemutih atau bahan kimia lainnya saat mencuci kain batik. Selalu perhatikan label perawatan pakaian sebelum mencuci Batik pertama kali untuk membantu merawat Batik, karena tiap pakaian memiliki petunjuk mencuci berbeda-beda sesuai jenis bahannya.

Say no to pelembut

Pelembut atau softener digunakan untuk membuat pakaian lebih wangi ketika dikenakan. Meski begitu, pelembut pakaian membuat serat pakaian mudah rusak. Untuk itu, hindari mencuci baju Batik kesayangan Anda dengan pelembut demi merawat batik Anda.

Mengeringkan Batik yang benar

Setelah selesai mencuci batik, saatnya Anda mengeringkan baju Batik yang basah. Hindari melakukan pengeringan dengan mesin pengering untuk merawat Batik favorit Anda. Cukup keringkan Batik di udara, karena menggunakan mesin pengering pakaian akan merusak bahan dan warna Batik.

Di mana harus menjemur Batik?

Pakaian yang telah dicuci tentunya harus dijemur. Usahakan menjemur Batik kesayangan Anda di luar rumah. Tetapi, hindari sinar matahari langsung untuk merawat Batik, karena paparan sinar matahari akan memudarkan warna kain lebih cepat dari pada seharusnya.

Cara menyetrika Batik

Menyetrika Batik yang baik dan sangat membantu Anda untuk merawat Batik dengan baik. Pastikan setrika Anda tidak terlalu panas saat menempel di baju Anda. Lalu, semprotkan sedikit air dipermukaan kain dan lapisi dengan kain bersih diatasnya sebelum mulai menyetrika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *