Teknik Membuat Batik Indonesia

Batik menjadi kain khas Indonesia yang paling terkenal, bahkan ketenarannya menembus pasar mancanegara. Untuk membuat sebuah kain Batik yang cantik, seniman Batik membutuhkan waktu tidak sebentar untuk membuatnya, tergantung dari teknik yang digunakan.

Dari sekian banyak Batik yang hadir diseluruh dunia, terdapat tiga teknik andalan untuk membuat Batik  yang hadir di Indonesi, yaitu teknik membatik tulis, cap, dan cetak. Ketiga teknik tersebut dikerjakan mulai dari manual dengan tangan manusia hingga memanfaatkan mesin-mesin canggih. Yuk, simak penjelasan selengkapnya mengenai teknik membuat Batik berikut ini.

Batik Tulis

Seperti namanya, pembatk yang membuat Batik jenis ini harus mengerjakannya secara manual dengan menggunakan canting, lilin, dan pewarna. Di karenakan pengerjaannya sangat manual, maka bentuk ornament satu dengan lainnya akan sedikit berbeda, meski bentuknya tetap sama. Tetapi, hal ini lah yang membuat Batik tulis menjadi memiliki harga yang fantastis dibandingkan Batik lainnya. Sebuah karya seni tentu saja mahal, kan?

Batik Cap

Jika Batik tulis menggunakan canting untuk membuatnya, maka Batik cap membutuhkan stempel berpola untuk menciptakan motifnya. Untuk membuat Batik ini cukup mudah, cukup menempelkan cap di kain polos dan menekannya sebentar. Dibadingkan dengan batik tulis, proses pembuatan Batik cap lebih cepat. Selain itu, pola-pola yang tercetak akan sama dan lebih seragam.

Batik Cetak

Mengikuti perkembangan teknologi, proses membuat Batik pun menjadi lebih beragam yaitu dengan hadirnya teknik Batik cetak. Dibandingkan dua teknik membatik di atas, membuat Batik cetak lebih singkat dan mudah. Cukup memanfaatkan mesin sablon, maka kain Batik akan selesai dibuat. Hasil warna Batik cetak pun lebih beragam daripada Batik lainnya. Dengan proses yang menggunakna mesin, otomastis harga batik ini tergolong murah dan terjangkau.

Setelah mengetahui ketiga teknik membuat Batik di atas, Anda sudah bisa menentukan produk mana yang bisa Anda beli sesuai dengan budget Anda. Meski setiap orang selalu ingin mendapatkan barang berkualitas bagus dengan harga tidak terlalu mahal, Anda tidak bisa membeli Batik tulis dengan harga murah. Jadi, hargai para seniman Batik dengan membeli produk sesuai dengan harganya.  Yuk, bantu lestarikan Batik Indonesia!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *