Perencanaan Finansial Rumah Tangga dengan Gaji Kecil

perencanaam finansialGaji seringkali berpengaruh terhadap cara mengelola yang tepat sehingga kamu bisa terhindar dari kondisi defisit keuangan. Manalagi gaji kamu termasuk fixed income alias gaji bulanan tetap dengan kebutuhan yang dipengaruhi dengan inflasi. Bagi yang bergaji kecil, mereka akan kesulitan menyimpan dana untuk beberapa hal seperti: biaya darurat, dana pendidikan, biaya pensiun, membeli rumah atau mobil, dan lainnya. Sering orang yang kehabisan uang pada pertengahan bulan. Hal ini terjadi karena mereka tidak dapat mengatur gaji bulanan dengan teliti untuk memenuhi kebutuhan finansial rumah tangga.

Setiap keluarga pasti mempunyai rencana seperti pergi liburan, memiliki rumah dan mobil, membiaya pendidikan anak, dan dana pensiun. Rencana tersebut memerlukan perencanaan finansial yang teliti, dan mencari tambahan penghasilan adalah sesuatu yang sulit. Dan itulah kamu membutuhkan beberapa cara untuk memiliki perencanaan finansial dengan gaji kecil agar bisa disusun dan dapat tercapai. Yuk, mari simak perencanaan finansial di keluarga di berikut ini

1. Lakukan Evaluasi Biaya Rumah

Banyak orang yang kesulitan untuk mengelola keuangan keluarganya karena cicilan rumah sudah memotong sebagian besar dari gaji bulanan. Sebaiknya kamu cari cicilan yang tidak lebih dari 25% dari total gaji kamu. Saat kamu dapat membeli rumah sendiri, kamu dapat menyisihkan sebagai dari gaji untuk membuat tabungan atau berinvestasi. Jika kamu belum menikah, kamu dapat menyewakan kamar di rumah untuk 1 atau 2 orang. Uang hasil menyewakan kamar tersebut bisa membantu kamu membayar cicilan menjadi lebih murah dan merupakan cara investasi dengan baik. Kamu juga bisa menyisihkan sebagian untuk investasi lainnya seperti tabungan dan dana darurat.

2. Rencanakan Belanja Bulanan Dengan Matang

Pemborosan keuangan cenderung terjadi ketika menggunakan uang untuk mengikuti keinginan, namun itu bukan kebutuhan kamu dan akan mekacaukan perencanaan finansial kamu. Cara terbaik untuk menggunakan pendapatan yang cukup adalah membuat rencana belanja bulanan dengan anggaran yang tertulis.

Ada dua pengeluaran, yaitu kebutuhan primer dan kebutuhan tersier. Kebutuhan primer adalah makan, transportasi, listrik, air, telepon, cicilan mobil dan rumah, dan lainnya. Sedangkan kebutuhan tersier adalah anggaran untuk shopping baju, traveling dan juga saat kamu keluar dari rumah. Kamu perlu membiasakan diri untuk mematuhi perencanaan keuangan yang sudah dibuat.

3. Kontrol Kartu Kredit Kamu

Belanja menggunakan kredit memang mudah dan kamu dapat membeli semua. Kartu kredit dapat membantu untuk perencanaan finansial kamu, dan jika digunakan dengan cerdas seperti saat promo dan cashback, kamu bisa menggunakannya dengan bijak. Namun, credit card juga dapat membuat kamu berhutang dalam jangka panjang bila menggunakannya secara sembarangan. Ketelitian memang diperlukan di saat-saat tersebut, biar kamu tidak akan penuh dengan hutang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *