Peluang Bisnis Kreatif dalam Mengembangkan Perekonomian Indonesia

bisnis kreatifMenentukan pilihan jenis bisnis yang akan Anda jalani tergantung oleh Anda. Bisa mngikuti bisnis yang sudah ada seperti atau membuat inovasi baru. Jika Anda perhatikan bahwa bisnis kreatif dan unik lebih disukai oleh pelaku usaha online store. Resiko terbesar dari bisnis ini adalah adanya penipuan. Banyak yang berfikir untuk memiliki bisnis secara luas dengan berbagai cara salah satunya memilih jalan kreativitas dalam menarik perhatian pelanggan. Berikut jenis bisnis yang bisa Anda coba mulai dan menjadi sebuah inspirasi ide.

1. Usaha Cuci Mobil Panggilan

Bisnis kreatif membuka usaha cuci mobil panggilan belum jarang ditemukan di Indonesia. Banyaknya masyarakat yang memiliki mobil tentu membuat tingkat menggunakan jasa cuci mobil semakin dibutuhkan. Sudah jarang para pemilik mobil memiliki quality time untuk mencuci mobilnya sendiri. Bahkan kadang terlalu sibuk hingga tidak bisa membawa mobil ke tempat pencucian. Dengan masalah tersebut tentu akan menjadi solusi bagi para pemilik mobil. Bisnis kreatif ini cukup Anda jalani dengan proses pemesanan melalui sms, telepon, website, akun media sosial serta jika perlu aplikasi tersendiri.

Mulai dari diri sendiri sebagi seorang pencuci mobil yang sudah terlatih. Bila Anda sudah memiliki budget cukup bisa sambil mengambil beberapa karyawan untuk membantu bisnis ini. Jadikan cuci mobil sebagai sebuah solusi terbaik dengan meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan. Anda akan mendapatkan biaya tambahan dari pemesanana ini menilai sistem ini Anda sendiri yang harus menghampiri pelanggan.

2. Jasa Cukur atau Salon Panggilan

Dengan kecanggihan teknologi dan kebiasaan orang yang semakin berubah bisa menciptakan bisnis kreatif baru. Pernah terpikirkan untuk membuat usaha ini? Orang yang malas pergi ke salon atau tukang cukur adalah target audience utama Anda. Selain keterampilan atau keahlian dalam menata rambut, Anda harus jago mempromosikannya. Bisa berbasis aplikasi online yang mudah diakses oleh siapapun. Biaya dari jasa ini bisa menyesuaikan dengan sejauh mana tempat yang Anda tuju dan sesuai kantong pelanggan. Bisa dimulai dari lingkungan sekitar sendiri yang lebih mudah dijangkau. Bisa dikatakan potong rambut ala cara ini bisa lebih mahal dari jasa potong rambut pada umumnya.

3. Kreasi Aksesoris

Untuk jenis bisnis kreatif membuat aksesoris ini biasanya menyasar kalangan perempuan dari anak muda hingga ibu-ibu. Bisa dalam bentuk perhiasan kalung, gelang dan cincin yang dikemas secara unik. Aksesoris yang berbeda atau yang limited edition bisa jadi sebuah cara promosi untuk menarik pelanggan. Bahan dasar pembuatan bisa bervariasi mulai dari mutiara dan emasi imitasi atau asli, bati-batuan, benang, kawat, hingga bahan ramah lingkungan serta yang bisa didaur ulang. Selain itu, bisa dengan teknik menjahit kain-kain lucu yang juga bisa dijadikan sebuah aksesoris bisnis kreatif dengan nilai jual tinggi. Bagi Anda yang memiliki kemampuan bergambar, jadikan desain tersebut sebagai peluang bisnis. Gambar-gambar tersebut bisa dituangkan untuk aksesoris rumah tangga seperti bantal, pajangan dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *