Mulai Investasi Untuk Menikmati Masa Pensiun

masa pensiunBerinvestasi adalah cara terbaik membantu Anda mewujudkan mimpi indah saat masa pensiun datang. Pikirkan secara matang bersama pasangan apa aset apa yang ingin Anda kembangkan di masa depan. Anda juga bisa mengikuti langkah ini sebagai perencanaan hari tuah yang indah dan nyaman. Beberapa pilihan investasi ini bisa dimulai dari sekarang di antaranya sebagai berikut:

1. Tanah

Tidak ada salahnya menabungkan uang Anda untuk membeli rumah dan menjadikannya sebuah investasi masa depan. Jika Anda memiliki tanah dekat dengan jalan atau perumahan, dapat dikatakan Anda memiliki keuntungan besar karena harga tanah akan naik tiap tahunnya. Anda tidak perlu bersusah payah melakukan perawatan terhadap tanah tersebut. Untuk mendapatkan dana tambahan selama menunggu seseorang membeli tanah Anda, sebaiknya manfaatkan lahan tersebut untuk menanamkan sesuatu yang bisa dijual.

2. Rumah

Banyaknya pilihan berinvestasi, memiliki rumah menjadi sebuah peluang besar. Rumah tersebut dapat dijadikan sebuah kontarakan atau kos sehingga mendapatkan pemasukan melalui harga sewanya. Selain itu bila Anda merawat dan merenovasi rumah dengan lebih bagus maka akan menaikkan harga jualnya. Anda bisa memberikan kesempatan bagi orang-orang yang ingin memiliki rumah dengan cara mencicil. Jika membutuhkan kredit melalui bank, sertifikat rumah juga bisa dijadikan agunan bagi bank tersebut. Rumah tersebut juga bisa menjadi tempat Anda memulai bisnis jika suatu saat ada ide datang dan membutuhkan tempat membangun usaha Anda untuk mengisi masa pensiun Anda.

3. Barang Koleksi

Mengisi masa pensiun dengan berjalan-jalan mencari barang unik dan aneh bisa sangat menguntungkan. Mungkin sebagian orang tidak melihat peluang besar yang bisa didapatkan dari berinvestasi barang koleksi. Barang koleksi ini bisa Anda spesifikasikan seperti aksesoris sebuah tokoh ternama maupun barang antik yang bernilai jual tinggi. Jika Anda berkunjung ke sebuah negara, carilah barang unik dan antik atau merchandise tokoh film, kulub bola hingga tokoh kartun yang bisa Anda jual dengan harga berbeda. Selain itu biasanya para kolektor akan mengeluarkan uang berapa pun demi mendapatkan barang koleksinya. Dengan menjual barang-barang limited edition, Anda semakin dicari oleh para kolektor dan dengan mudah bernegosiasi harga yang akan mereka bayar.

4. Reksadana

Tidak perlu takut jika Anda memulai investasi melalui reksadana. Ada manajer yang mengatur uang Anda untuk menyalurkan dana ke beberapa pilihan investasi seperti saham yang tepat. Kumpulan dana dari para investor akan diberi untung secara rata, sangat cocok bagi Anda yang baru mulai berinvestasi demi mendapatkan kebahagiaan di masa pensiun.

5. Saham

Ingin memulai investasi melalui saham maka Anda perlu mengetahui dua jenis golongan yaitu saham perusahaan terbuka dan saham perusahaan tertutup. Dengan saham terbuka memiliki nilai kapitalisasi pasar secara luas dan cakupannya besar. Untuk saham tertutup melalui bisnis rumahan dan Anda ikut mengambil andil dalam permodalannya seperti membangun usaha dan modal didapatkan dengan cara patungan dengan kerabat atau saudara Anda. saham dapat menjadi bukti kepemilikan Anda terhadap suatu perusahaan tertentu. Namun Anjda juga harus siap menerima resiko yang cukup besar melalui investasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *