Mengapa Orang Sulit Menabung Demi Masa Depan?

sulit menabungMasikah Anda berfikir menabung adalah hal yang tidak terlalu penting? Padahal banyak sekali manfaat dari tabungan yang Anda kumpulkan. Jika Anda merasa sulit menabung, mungkin beberapa alasan ini bisa Anda hindari. Tidak ada salahnya pula Anda mengikuti langkah ini dalam mempersiapkan dana pensiun dari sekarang.

1. Terlalu Banyak Tagihan

Ini alasan dasar seseorang sulit membagi pemasukannya untuk menabung. Memang segala hutang dan tagihan harus segera dilunasi namun ada baiknya kurangi melakukan pinjaman berlebih. Aturlah biaya pemasukan Anda untuk segera disisihkan dan disimpan segera sebelum habis membayar semua tagihan. Pilih mana tagihan yang menjadi prioritas Anda, agar bisa menghilangkan mindest sulit menabung dalam diri Anda. Mulai dari 5 persen dari penghasilan utama Anda kemudian tingkatkan persentase tersebut bila cara Anda sudah berhasil dilakukan.

2. Tidak Memanfaatkan Waktu Luang

Jika kehidupan dan pekerjaan Anda berjalan seperti itu saja dan tidak ada peningkatan, sebaiknya mulai tanamkan perubahan diri. Selama ini waktu luang yang Anda lakukan diisi dengan kegiatan seperti apa? Waktu luang Anda adalah jalan terbaik menghasilkan pemasukan tambahan. Dengan pemasukan yang stabil Anda tidak akan sulit menabung lagi. Memanfaatkan waktu Anda seperti membuat usaha kecil-kecilan, atau pekerjaan tambahan melalui hobi Anda. Tidak ada hal yang tidak mungkin jika mau berusaha lebih dalam mencapai tujuan.

3. Terlalu Sering Nongkrong

Tahukah kebiasaan satu ini membuat Anda jadi sulit menabung? Jika Anda terlalu sering makan di kafe atau tempat nongkrong pasti akan mengeluarkan setidaknya 50 ribu rupiah. Namun jika ingin aman Anda bisa tetap ke kafe dengan membawa makanan sendiri seperti cemilan. Atur jadwal Anda untuk mengurangi kebiasaan nongkrong ini agar tidak merugikan diri sendiri. Cara terbaik cobalah buat suasana makan di kantor berbeda seperti bertukar lauk dan sebagainya.

4. Traveling

Jalan-jalan memang menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menghilangkan stres. Namun dengan melakukan travelling terlalu sering tanpa ada rencana yang baik pasti akan berdampak pada pengeluaran yang besar. Travelling akan lebih seru jika Anda memiliki tujuan tersendiri, seperti bertemu kerabat, menonton konser, liburan akhir tahun dan lain-lain. Hal tersebut akan membuat Anda melakukan usaha lebih dalam mengatur pemasukan secara terencana dan stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *