Ketahui Mengapa Dana Pensiun Anda Penting

dana pensiunBelum merasakan dana pensiun bukan menjadi alasan Anda tidak mengetahui kegunaan apa yang Anda dapatkan. Dana pensiun melakukan fungsi ekonomi penting, seperti memobilisasi dan mengelola tabungan, memberikan stabilitas pendapatan, membuat pasar tenaga kerja lebih efisien dan memberikan risiko di pasar keuangan. Berikut beberapa alasan lainnya yang perlu Anda ketahui.

1. Sebagai Jaminan Kesehatan di Hari Tua

Dengan kondisi fisik yang sudah tidak muda lagi, membuat Anda sulit menjamin kesehatan di masa pensiun. Memiliki masa tua yang damai adalah sebuah impian yang harus dicapai. Jika kondisi semakin memburuk, dana pensiun sangat membantu Anda memberikan kesehatan lebih baik. Sehingga mengurangi kekhawatiran Anda dan keluarga di hari tua.

2. Agar Tidak Pusing Mencari Pekerjaan Baru

Tidak semua pekerjaan membuat kondisi fisik menjadi baik. Anda bisa menjadi lelah dan stres, hingga terkadang tak jarang sakit datang pada tubuh Anda. Ketika masa peniun datang, pentingnya dana tersebut dalam membantu masa tua lebih terencana. Sangat sulit mendapatkan pekerjaan dengan usia Anda yang sudah tua. Karena biasanya setiap pekerjaan membutuhkan fisik yang kuat. Jika bisa mengatur pengeluaran Anda dari sekarang, maka akan meningkatkan tabungan di masa depan. Jika tidak bekerja, uang pensiun Anda bisa digunakan untuk membuaka usaha.

3. Melindungi Keluarga

Ketika Anda memasuki waktu pensiun, berati anak-anak juga sudah memiliki kepentingan dan kesibukannya masing-masing. Jika bukan Anda yang memiliki investasi sendiri dari hasil uang Anda selama bekerja, tidak ada yang bisa membantu Anda bahkan keluarga. Sangat penting untuk merencanakan masa pensiun Anda tanpa bantuan keluarga Anda. Tidak akan merugikan diri Anda jika investasi melalui dana tersebut didapatkan selama mengumpulkannya dengan susah payah untuk masa depan. Karena tidak ada yang tahu kondisi keluarga Anda di masa yang akan datang.

4. Penting bagi pemberi kerja yaitu:

Terdapat dua hal penting sebagai pemberi kerja, dengan adanya uang pensiun perusahaan memiliki kewajiban moral untuk memberikan jaminan ketenangan karyawan serta rasa aman terhadap karyawan. Karyawan berhak mendapatkan masa depan yang terjamin karena atas apa yang telah mereka kerjakan. Kedua, karena usaha yang telah dilakukan karyawan selama bekerja dan berdedikasi untuk perusahaan demi maka dana pensiun dapat meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *