Jenis Sampah Ini Tidak Boleh Dibuang Sembarangan

Himbauan seperti “Jangan membuang sampah sembarangan” sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Bahkan, sejak kecil pun Anda sudah familiar dengan wejangan itu. Anda pun diharuskan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Tapi jangan salah sangka, tidak semua sampah bisa kita buang ke tempat sampah. Ada beberapa jenis sampah yang memiliki efek berbahaya jika dibuang tanpa penanganan khusus. Oleh karena itu, membuang mereka ke plastik sampah  justru sama dengan membuang mereka sembarangan. Agar Anda tidak salah kaprah dengan benda apa saja yang bisa dan tidak bisa dibuang, ada baiknya jika Anda menyimak informasinya di sini.

Baterai Bekas

Sampah baterai tergolong jenis sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) karena mengandung logam berat seperti merkuri, mangan, timbal, kadmium, nikel, dan lithium. Oleh sebab itu, baterai bekas tidak bisa Anda buang begitu saja di tempat pembuangan sampah. Ini berlaku untuk semua jenis baterai, termasuk baterai batu, baterai jam tangan, baterai lithium, sampai yang bisa diisi ulang. Di Indonesia sendiri memang belum banyak tempat-tempat penampungan sampah baterai seperti di negara maju. Tetapi, kita bisa menyiasatinya dengan mengumpulkannya,  lalu menyerahkan baterai tersebut kepada para pengumpul sampah baterai.

Lampu Neon

Apa yang akan Anda lakukan pada lampu neon yang sudah mati? Membuangnya ke tempt sampah, kan? Sebaiknya, jangan pernah melakukan hal itu lagi, karena lampu-lampu mengandung bahan kimia beracun. Oleh karena itu, Anda dilarang keras untuk membuang sampah jenis sampah ini ke tong sampah begitu saja. Ketika lampu ini pecah, ia akan melepaskan merkuri yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Karenanya, pastikan Anda membuang bekas lampu neon ini dengan bijak.

Obat-obatan Kadaluarsa

Bila Anda memiliki obat-obatan yang sudah kadaluarsa atau tidak terpakai lagi, maka jangan pernah membuangnya secara sembarangan ke tempat sampah. Selain bahan kimia yang terkandung di dalam obat tersebut memberikan efek buruk pada lingkungan, jenis sampah ini bisa saja disalahgunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab, seperti memanfaatkan obat tersebut kembali menjadi bahan konsumsi yang dijual. Tentu saja itu sangat berbahaya bila dikonsumsi oleh orang lain.

Jika kamu punya sisa obat-obatan yang udah kadaluarsa, kamu bisa mengumpulkannya lalu memberikannya pada apotek atau rumah sakit. Sementara, bila obat-obatan yang masih bisa digunakan, kamu bisa menyumbangkannya pada yayasan amal yang sering mengadakan acara pengobatan gratis. Sedangkan, jika obat yang sudah tidak terpakai itu berjenis vitamin, Anda bisa menaburkan isinya sebagai penyubur tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *