Jajanan Pasar Yang Masih Eksis Saat Ini

Di zaman yang serba modern dan maju seperti sekarang ini, tentunya Anda akan dengan mudah menemukan makanan dari negeri lain atau yang sedang populer. Tetapi hal sebaliknya terjadi pada jajanan pasar Indonesia, perkembangan zaman malah menggusur kepopuleran dari makanan tradisional ini. Meski begitu, masih banyak beberapa jajanan tradisional yang berhasil bertahan dan tetap eksis hingga saat ini. Berikut ini akan dijabarkan beberapa namanya. Yuk, segera simak informasinya.

Onde-onde

Siapa yang tidak kenal dengan jajanan pasar yang satu ini, jajanan yang berisi kacang hijau dan taburan wijen kering di luarnya masih menjadi camilan primadona oleh masyarakat Indonesia. Jajanan ini paling nikmat di makan saat sarapan atau tea time di sore hari bersama dengan segelas kopi atau secangkir teh. Bagi Anda yang suka makanan manis sekaligus gurih, maka Anda wajib untuk mencicipi camilan yang satu ini.

Lemper

Hingga hari inii, Lemper menjadi jajanan pasar yang tidak bisa ketinggalan untuk hadir di beragam acara masyarakat Indonesia, seperti pengajian, kumpul keluarga, hingga acara arisan bersama teman-teman. Jajanan pasar ini terbuat dari nasi ketan dan diisi dengan abon sapi, ayam suwir, atau daging sapi ini bisa membuat Anda kenyang. Bahkan, kudapan ini seperti menjadi sushi ala Indonesia, bedanya kue ini dibungkus dengan daun pisang bukan nori.

Dadar Gulung

Anda suka kue yang terbuat dari kelapa? Jika iya, pasti Dadar Gulung menjadi jajanan pasar favorit Anda. Kue berwarna hijau muda ini berisi unti, yaitu parutan kelapa yang dimasak bersama dengan gula jawa. Biasanya, makanan ini sangat digemari oleh anak-anak, karena rasanya yang manis sekaligus gurih. Jajanan unik ini pun juga berhasil mengikuti zaman, misalnya dengan mengganti isinya dengan fla atau selai cokelat dan merubah warna hijau menjadi warna merah muda, putih, atau bahkan biru.

Putu Bambu

Satu lagi jajanan pasar khas Indonesia yang masih sanggup bertahan hingga saat ini, yaitu putu bambu. Bila Anda tinggal dipinggiran Jakarta, mungkin Anda masih bisa menemukan pedagang kue ini dengan mudah. Kue yang terbuat tepung beras yang diisi gula merah dan dibungkus menggunakan cetakan dari bambu ini paling nikmat disantap ketika sore hari atau saat cuaca dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *