Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Baik

Mengatur KeuanganSaat kamu gajian, hampir separuh gaji habis buat bayar utang. Jika ini sering terjadi kepada kamu, berarti ada yang salah dengan kiat mengatur keuangan kamu. Salah satu hal yang bikin finansial kamu kacau adalah kebiasaan kamu sendiri. Kita tidak bisa terbiasa disiplin mengatur keuangan dan tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keperluan. Namun jangan khawatir, bukan berarti kamu terlambat untuk mengatur semuanya. Kalau memang kamu niat memperbaiki kondisi keunangan, sekaranglah saatnya. Nah, apa aja caranya untuk kamu mengatur keuangan pribadi? Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

1. Melacak Pendapatan dan Pengeluaran

Seringkali kamu tidak peduli dengan pengeluaran sendiri. Saat kamu gajian, keseringna uangnya langsung habis. Lacak pendapatan dan pengeluaran kamu, dan dapat dilakukan di pembukuan sederhana. Jika kamu tidak mau repot, kamu bisa menemukan aplikasi pengatur keuangan di handphone kamu untuk mengatur keuangan pribadimu.

2. Menabung

Jika kamu belum mulai menabung, memulailah hari ini juga. Tidak ada kata terlambat buat kamu yang tidak dan belum terbiasa. Kamu bisa mulai dengan menyisihkan sebagian kecil dari gajimu. Ini penting buat dana cadangan atau dana masa depan, karena kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi dan kapan kamu akan membutuhkannya, maka itu menabung dan mengatur keuangan sangat penting.

3. Manfaatkan Kartu Kredit

Siapa bilang kartu kredit cuman untuk kamu berhutang? Kalau digunakan dengan bijak, kartu kredit justru memudahkan hidup. Belanja bulanandan beli tiket tidak akan sulit lagi. Tidak jarang credit card memiliki promo, points rewards dan cash back. Maka itu, saat lagi ada promo, kamu akan lebih menghemat keuangan kamu.

4. Menghindari Biaya Yang Tidak Diperlukan

Sering telat bayar tagihan dan kena denda, melanggar lalu lintar yang berujung tilang? Biaya yang tidak perl ini sering kamu sepelekan karena merasa gaji kamu sudah lumayan. Kalau tidak disiplin dalam hal seperti ini, bagaimana kamu bisa mengatur keuangan dengan bijak? Hindari permasalahan seperti yang tersebut, kamu dapat menghemat dana lebih banyak.

5. Berpikir Panjang Dalam Mengatur Keuangan

Kamu perlu berpikir panjang dan juga di masa depan. Menginvestasikan dana kamu itu termasuk contoh berpikir panjang. Maka itu saat kamu berinvestasi, kamu sedang menyiapkan masa depan kamu.

Apakah kamu ingin memulai melakukan di list yang tersebut? Jangan nunggu akhir tahun buat evaluasi diri sendiri, tetapi evaluasi yang rajin biar di lacak, dan lebih gampang untuk merencanakan keuangan kamu. Mulailah dengan mengubah kebiasaan kamu dikit demi dikit, sehingga kamu sudah terbiasa menghemat finansial kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *