Cara Membatik Dengan Teknik Tutup Celup

Membeli batik memang bukan perkara yang susah. Anda tinggal datang ke pusat penjualan batik yang hampir ada di setiap kota besar di Indonesia dan tinggal membelinya. Namun, bagaimana jika Anda membuat batik dari? Mungkin cara membatik dengan teknik tutup celup bisa menjadi pilihan Anda. Cara ini sebenarnya lebih dikenal dengan “batik tulis”, karena menggunakan cantik dan malam untuk membuatnya. Bisa di bilang, cara ini merupakan yang paling tradisional dan sederhana dibandingkan teknik yang lain. Meski begitu, batik yang ditulis ini harganya lebih mahal dari pada batik jenis lain. Oleh sebab itu, yuk belajar membuatnya dengan mengikuti caranya di sini.

Mendesain Pola

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk melakukan cara membatik ini adalah dengan mendesain pola motif yang Anda inginkan. Sebelum menggambar motif batik pada kain, Anda harus menggambar pola tersebut fiatas kertas gambar. Selanjutnya, motif tersebut dipindahkan ke kain polos dengan menggunakan pensi. Nah, sketsa dari pensil inilah yang selanjutnya Anda jadikan guide untuk menuliskan malam dengan canting.

Lakukan persiapan

Sebelum mulai cara membatik, ada baiknya jika Anda sudah menyiapkan berbagai bahan dan alat yang dibutuhkan, seperti kain, malam pewarna, canting, kuas, wajan, kompor atau anglo. Awalnya, kompor Anda nyalakan, kemudian taruh wajan yang Anda siapkan di atas kompor untuk melehkan malam. Nantinya lelehan ini lah yang Anda gunakan untuk membati dengan canting.

Mulai proses membatik

Setelah semuanya tersedia, Anda telah memasuki tahap yang paling penting, yaitu tahap membatik. Cara membatik ini secara umum dimulai mengambil malam dengan canting, selanjutnya menuangkan lilin dalam cantik melalui carat di atas permukaan kain sesuai dengan pola yang sudah ada. Proses ini membutuhkan ketelitian, ketelatenan, dan kesabaran yang besar. Jika tidak, maka hasil batik akan jelek dan berantakan. Oleh sebab itu, pastikan diri Anda dalam keadaan tenang dan santai ketika membatik, ya.

Proses finishing

Setelah semua pola berhasil Anda tulis dengan malam, maka cara membatik sudah masuk ke tahap akhir, yaitu tahap finishing. Di tahap ini Anda hanya perlu mengeringkan batik yang sebelumnya telah dibersihkan dari malam dan juga pewarna yang masih tersisa. Selanjutnya jemur batik di tempat yang teduh. Setelah kering, gantung kain batik di dalam tempat penyimpanan yang terbebas dari pewangi pakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *