Cara Melestarikan Batik Sebagai Warisan Budaya

Sejak diresmikan sebagai warisan budaya oleh dunia internasional melalui United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada 2009, masyarakat Indonesia harus lebih bertanggung jawab untuk mempertahankan kelesatatian Batik nusansantara. Akan tetapi, banyak masyarakat Indonesia yang belum terlalu sadar dengan masalah ini. Untuk itu, diperlukan sosialisasi kepada masyarakat yang dilakukan oleh lembaga-lembaga terkait.

Meskipun tanpa sosialisasi, Anda juga tetap bisa membantu melestarikan Batik kok. Simak cara sederhana melestarikan warisan budaya Indonesia berikut ini.

Bangga menggunakan Batik

Menjadi warisan budaya bukan berarti kain Batik hanya disimpan di museum atau bahkan lemari Anda. Dengan menggunakannya, Anda telah membantu mempromosikan Batik kepada orang lain secara tidak langsung. Tentunya dengan mempromosikan kain khas Indonesia ini akan membuatnya semakin terkenal dan masyarakat seluruh dunia tahu bahwa Batik adalah milik Indonesia. Cara yang mudah untuk melestarikan Batik kan?

Melibatkan generasi muda untuk memproduksi Batik

Memproduksi Batik dengan orang-orang tua yang sudah berumur. Jika hal ini terus dibiarkan, maka tidak akan ada anak muda yang akan meneruskan kesenian membantik. Oleh sebab itu, mengajarkan generasi muda untuk membatik bisa membantu melestarikan Batik agar tetap hadir sebagai warisan budaya Indonesia.

Dukungan pemerintah kepada pelaku bisnis Batik

Kain Batik bisa hadir di tengah-tengah masyarakat saat ini tidak lepas dari kerja para produsen dan pelaku bisnis kerajinan ini. Jika para pebisnis berperan untuk memproduksi Batik, maka peranan pemerintah ialah mendukung para pebisnis ini. Caranya, cukup bantu mereka memasarkan produk Batik hingga ke mancanegara. Dengan begitu, pemerintah telah melakukan langkah besar untuk melestarikan Batik nusantara.

Memperkenalkan Batik ke kancah Internasional

Banyak negara yang menggelar pameran bertema Produk Khas Luar Negeri yang bisa diikuti oleh berbagai negara di seluruh dunia. Dengan mengikuti acara ini, Indonesia bisa melestarikan Batik dan kain khas lainnya.. Tujuannya lainnya adalah untuk memberikan informasi bahwa Batik milik Indonesia dan keindahannya bisa Anda nikmati dengan membelinya. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, kan? Produknya di beli dan menghasilkan keuntungan untuk para pembuat Batik dan informasi pentingnya berhasil disampaikan dengan baik.

Setelah membaca informasi di atas, tentu Anda akan menyadari bahwa melestarikan Batik tidak sesulit yang dibayangkan. Cukup lakukan hal-hal kecil yang bermakna, nama Batik Indonesia akan terkenal ke seluruh dunia. Yuk, simak informasi lainnya mengenai Batik dengan klik di sini.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *