Bingung Cari Outfit untuk Interview? Ini 4 Tips Outfit yang Cocok Kamu Pakai!

tips outfitSebuah wawancara kerja biasanya dilakukan untuk bertemu secara langsung dengan pelamar. Momen tersebut sangat penting, maka buatlah first impression terbaik kamu. Apalagi masalah penampilan, tempat bekerjamu akan menilai pertama kali dari caramu berpakaian. Bukan hanya rapi, penampilanmu harus sesuai dengan bidang yang kamu lamar. Langsung aja nih perhatikan tips outfit berikut ini.

1. Hindari menggunakan kaos dan celana jeans

Tips outfit pertama adalah membedakan pakaian kamu saat pergi main bersama teman dengan pakaian menghadiri wawancara. Tampilan yang menarik dan tidak asal-asalan akan memberikan kesan bahwa kamu serius menjalani wawancara tersebut. Bahkan untuk kantor ahensi atau bidang industri kreatif yang berkesan santai, harus tetap menghindari pakaian tersebut. Sebenarnya celana jeans bukan sebuah masalah besar tetapi karena beberapa perusahaan tidak terbiasa dengan hal tersebut, kuncinya adalah rapi dan profesional.

2. Tips outfit bersifat formal: kenakan setelan

Wawancara pada bidang yang mengharuskan kamu berpenampilan formal seperti bank, hukum atau konsultan public relation harus lebih dipersiapkan. Menggunakan setelan resmi adalah sebuah “kebiasaan” yang memang dibangun sejak kamu datang interview. Sederhana saja kok karena hanya memerlukan outfit seperti kemeja atau outer, rok, celana bahan, blus, blazer.

Modelnya beragam, pilih saja yang paling basic digunakan. Untuk warna pilih warna aman dan netral yaitu hitam. Warna pada atasan juga biasanya menunjukkan karaktermu dalam menghadapi wawancara hari itu. Kamu bisa melihat arti warna atasan yang akan dikenakan diberbagai situs. Pilih setelan yang memang sesuai dengan ukuran tubuh kamu, tidak terlalu rame oleh motif atau aksesoris.

3. Perusahaan industri kreatif: santai dan rapi

Tidak harus rapi seperti karyawan pada umumnya, justru kamu bisa lebih santai memadu padankan warna atau bajumu. Tips outfit yang perlu diperhatikan adalah gunakan sesuai dengan karakter perusahaan dan kultur mereka. Misalnya kamu akan melamar pada sebuah perusahaan start up fashion, maka tampilanmu harus modis. Setidaknya bisa mix and match outfit secara tepat. Agar tercipta kesan pertama yang baik bahwa kamu cocok menjadi bagian dari mereka.

4. Bawa tas dengan ukuran yang sesuai dan aksesoris simpel

Nggak mungkin kan kamu pergi interview nggak membawa tas? Mungkin terlihat merepotkan, tetapi coba bayangkan lebih merepotkan lagi kalau kamu harus menenteng barang-barangmu. Tas bisa berupa tote bag, atau tas selempang dengan ukuran sedang. Tips outfit ini kurang diperhatikan oleh beberapa orang. Padahal kalau pakaianmu sudah mendukung, dengan penggunaan tas yang cocok semakin menambah nilai penampilanmu di depan HRD. Jaga berkas penting, atau aset berharga seperti laptop dan gadget lainnya dalam tas kamu.

Selain tas, untuk perusahaan yang bergerak dalam dunia kreatif mungkin aksesoris yang kamu gunakan bisa menjadi sebuah pertimbangan. Sisi menarik dalam dirimu harus ditonjolkan karena bisa menjadi nilai plus. Gimana, sudah siap untuk menghadapi interviewmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *