5 Tips Membersihkan Noda Batik

Mengoleksi kain batik ibarat menyimpan harga berharga yang diwariskan secara turun temurunoleh keluarga. Hal ini dikarenakan batik merupakan kain khas Indonesia yang istimewa. Maka tidak salah jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengoleksinya. Namun, bisakah Anda membayangkan bagimana jadinya jika batik favorit Anda kotor atau terkena noda? Anda tidak mungkin langsung menyucinya sembarangan, karena kain ini membutuhkan perlakuan khusus ketika mencucinya. Oleh sebab itu, artikel ini akan memberikan beberapa tips membersihkan noda batik terbaik dan aman untuk koleksi Anda.

Menggunakan Air jeruk lemon

Ketika batik Anda terkena bercak kotoran atau noda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merendamnya dengan air hangat. Setelah direndam sekitar 15 menit, Anda dapat menambahkan larutan air jeruk lemon dan sedikit garam para air tersebut. Anda juga bisa mengucapkan potongan jeruk tersebut langsung pada baju yang terkena kotoran. Setelah tahap membersihkan noda batik ini selesai, bilas pakaian Anda hingga bersih dan jemur di tempat yang teduh.

Manfaatkan bedak tabur

Langkah paling cepat dan mudah ketika batik Anda terkena noda adalah dengan menaburkan bedak tabur pada titik yang terkontaminasi beberapa kotoran.. Biarkan bedak tabur menyatu dengan noda tersebut, setelah didiamkan beberapa saat, usap bedak yang ada pada titik noda secara perlahan. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan aksi membersihkan noda batik ini beberapa kali hingga bersih. Setelah itu bilas baju batik Anda dan keringkan.

Manfaatkan sabuk lerak

Apa Anda pernah mendengar sabun lerak? Sabun atau detergen dengan nama unik ini sangat ampuh membersihkan kotoran dan mengawetkan warna pada pakaian Anda, khususnya batik kesayangan Anda. Anda dapat melarutkan sabun lerak dengan air, dan aduk hingga rata sampai tidak ada bagian yang mengental. Selanjutnya, usapkan cairan tersebut pada pakaian yang terciprat kotoran. Selanjutnya, hal yang harus Anda lakukan untk membersihkan noda batik adalah kucek sedikit kain batik, setelah bersih segera bilas dan keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Mentega penghilang noda

Satu lagi cara alami untuk membersihkan noda batik, yaitu dengan memanfaatkan kemampuan mentega. Hal yang perlu Anda lakukan adalah siapkan kain lap yang terlag dibasahi sebelumnya. Selanjutnya oleskan sedikit mentega di kain tersebut. Usap secara perlahan pada bagian batik yang terkena kotoran. Setelahnya, Anda bisa membilas batik dengan air dan keringkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *