4 Tips Mengatur Keuangan untuk Ibu Muda

uang-online
Uang Online

Baru menjadi seorang ibu muda tidaklah gampang. Apalagi dalam mengatur uang rumah tangga selama satu bulan, dan terus menerus. Belum lagi jika kamu seorang pekerja yang merangkap sebagai ibu pula. Tentu ini akan menjadi rumit kalau kamu gak tahu tips mengatur keuangan dengan baik.

Dengan menjalankan strategi keuangan yang cerdas, seorang ibu muda pasti bisa mengatur pengeluaran dengan baik. Nah bagaimana sih agar hal tersebut bisa terwujud dengan baik? Kita simak yuk kiat-kiatnya berikut ini

Tips mengatur keuangan yang pertama dengan menyusun anggaran  

Setelah menjadi ibu, belanja kebutuhan bayi secara rutin membuat keuanganmu terguncang. Hadirnya seorang anak selalu beriringan dengan tanggung jawab yang cukup besar. Oleh karena itu membesarkan anak memerlukan perencanaan keuangan jangka panjang.

Mulailah dengan mencatat apa saja kebutuhan pengeluaran mulai dari popok, susu bayi hingga jasa baby sitter jika memang diperlukan. Anggaran itu akan membantu fokus uang kamu pada hal-hal yang benar-benar penting dan membantu mencegah pengeluaran berlebihan.

Memiliki asuransi

Jika sudah menikah, apalagi telah dikaruniai seorang anak, kamu harus memiliki asuransi kesehatan dan jiwa yang memadai. Perusahaan tempatmu bekerja mungkin sudah memberikan asuransi kelompok, tetapi itu saja belum cukup lho.

Untuk penanganan lebih maksimal dalam keadaan darurat, kamu disarankan untuk memiliki cakupan asuransi kesehatan pribadi. Asuransi berjangka akan memastikan kebutuhan keuangan keluarga akan dijaga jika kamu meninggal di usia muda.

Buat dana darurat

Dana darurat sangat penting kamu miliki dan merupakan tips mengatur keuangan yang tak boleh kamu tinggalkan. Apalagi jika sudah memiliki keluarga. Dana dadakan bisa menjadi sangat penting jika terjadi sesuatu pada dirimu atau keluargamu di masa mendatang.

Bukan menakut-nakuti, tetapi memang kamu harus siap menghadapi semua kemungkinan seperti kehilangan pekerjaan, darurat medis mendadak, perceraian, dan lain-lain. Jadi siapkan dana darurat dari sekarang! Atau bisa juga dalam bentuk deposito hingga reksa dana.

Berinvestasi

Mencoba investasi juga gak ada salahnya kok. Carilah investasi yang sesuai dengan tujuan hidup kamu. Jika kamu seorang ibu dan belum memulai rencana investasi sistematik, mulailah. Sebab itu akan akan membuat kebutuhan keuangan di masa depan anak aman.

Jadi luangkan waktu untuk mencari tahu berbagai informasi investasi apa, instrumen yang seperti apa dan bagaimana pilihannya berdua dengan pasangan. Atau kamu bisa juga kalau mau menggunakan jasa seorang ahli keuangan dalam hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *