4 Negara Tujuan Ekspor Batik Indonesia

Kementrian Perdagangan mencatat bahwa semakin banyak negara-negara lain melakukan ekspor Batik Indonesia, bahkan jumlahnya meningkat setiap tahunnya. Hal ini di dorong dari segi kualitas dan desain Batik Indonesia lebih spesifik dan memiliki arti dibalik setiap guratan motifnya. Tidak hanya itu, kualitas jahitannya pun tidak kalah dengan pakaian-pakaian merek terkenal dengan kualitas terbaik.

Antusias penduduk mancanegara dengan Batik pun semakin besar sejak Batik mendapat pengakuan oleh UNESCO sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity asal Indonesia. Bahkan, angka ekspor Batik mencapai Rp 41 triliun di tahun 2015. Dari banyaknya negara menjadi tujuan ekspor Batik, empat negara ini sukses menjadi tujuan ekspor Batik terbesar dibandingkan yang lainnya. Simak negara mana saja yang dimaksud berikut ini.

Amerika Serikat

Terkenal sebagai negara adidaya dan menjadi salah satu pusat fashion dunia, Amerika Serikat berhasil menduduki peringkat pertama sebagai negara importir Batik terbesar. Tidak tanggung-tanggung, nilai ekspor batik menyentuh angka 81,38 juta dollar AS di tahun 2015. Fenomena ini tentunya membuktikan bahwa Batik Indonesia adalah pakaian yang fashionable dan pantas bersaing dengan pakaian-pakaian dari desainer terkenal dunia lainnya.

Jerman

Menduduki posisi kedua sebagai negara tujuan ekspor Batik terbesar, Jerman berhasil menyumbang nilai ekspor sebesar 10,05 juta dollar AS. Ternyata, antusias masyarakat Jerman tidak sampai sana, saat Berlin mengadakan acara “Import Shop Berlin” dan Batik nusantara ikut andil dalam acara ini, Tentu saja ini membuktikan bahwa daya tarik kain khas nusantara begitu besar, bukan?

Korea Selatan

Jika orang Indonesia tergila-gila dengan budaya K-Pop, makan masyarakat Korea Selatan sebaliknya, mereka menyukai Batik Indonesia yang kaya akan makna. Bahkan, para idola K-pop Indonesia pun ikut kepincut untuk mengenakan kain khas nusantara ini. Dengan antusias yang sedemikan besar, Korea Selatan menjadi salah tujuan ekspor Batik terbesar untuk Indonesia. Bahkan, negeri Gingseng ini berhasil menyumbang nilai ekspor sebesar 12,24 juta dollar AS di tahun 2015.

 Jepang

Jepang sukses masuk kedalam daftar negara ekspor Batik Indonesia terbesar selanjutnya dengan jumlah belanja Batik mencapai 9,22 juta dollar AS setiap tahunnya. Meski memiliki pakaian khas yang cantik, Jepang tetap tidak bisa menolak pesona batik Indonesia. Masa-masa tantara Jepang menduduki Indonesia menjadi salah satu faktor pendorong orang Jepang mencintai Batik. Sampai-sampai, negeri asal bunga Sakura ini memiliki motif Batik tersendiri hasil percampuran budaya lokal dengan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *