4 Kue Tradisional Khas Sunda di Bandung Ini Wajib Anda Coba!

kue tradisionalKota Bandung terkenal melalui pariwisatanya dan Bandung juga dikenal memiliki ragam kuliner yang enak. Banyak sekali jenis jajanan ala sunda yang ditawarkan di Bandung. Di sepanjang jalanan Bandung, Anda bisa melihat banyaknya pedagang baik restoran maupun kaki lima yang menjajakan makanan tradisional. Siapa yang menolak kue tradisional asli sunda? Biasanya kue tradisonal dari sunda ini memiliki cita rasa yang manis dan membuat ketagihan. Di artikel ini ada beberapa rekomendasi kue tradisional yang tidak boleh dilewatkan kalau sedang bekunjung ke Bandung. Simak di bawah untuk lebih lanjut!

1. Bandros Cowboy Cisangkuy

Pasti Anda langsung mengernyitkan dahi ketika mendengar nama kue tradisional satu ini. kue ini terbuat dari bahan tepung beras, kelapa parut, dan santan. Dan paling enak dihidangkan dengan taburan gula pasir. Ada beberapa rasa yang ditawarkan, diantaranya ada rasa green tea, keju, cokelat, tobleron, kitkat, dan susu. Kue bandros ini biasnya yang suah divariasikan tetapi Anda juga masih bisa menemukan kue dengan cita rasa aslinya. Lokasinya terletak di Jalan Cisangkut No. 56, Citarum. Janga lupan untuk berkunjung kemari jika sedang jalan-jalan ke Bandung.

2. Kue Balok Kang Didin

Bagi orang sunda, siapa yang tidak kenal dengan jajanan kue balok? Kue tradisional satu ini masih eksis hingga sekarang di dunia perkulineran Indonesia. Kuenya bertekstur padat dan rasanya sangat manis, coock dinikmati kapanpun. Jika di Bandung, kue balok yang paling terkenal adalah Kue Balok Kang Didin yang terletak di Jalan Abudarrahman Saleh No. 52. Pembuatan kuenya dibuat dibakar dengan arang yang membuat adonannya menjadi berwarna cokelat. Ada beberapa pilihan rasa yang bisa Anda pilih, seperti oreo, tiramisu, kacang, cokelat, dan keju. Agar lebih nikmat mintalah kuenya yang setengah matang.

3. Kedai Awug Cibeunying

Kedai ini sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat Bandung. Awug adalah kue tradinional yang terbuat dari tepung eras yang dicampur dengan air, garam, gula merah, dan ditambah dengan parutan kelapa lalu di kukus. Rasanya bercampur manis dan gurih, teksturnya tidak terlalu kenyal jadi pas saat dikunyah. Yang paling terkenal di bandung adalah Kedai Awug Cibeunying. Satu porsi aseupan awug dihargai sekitar Rp75.000.

4. Surabi Sukur

Surabi merupakan kue tradisional sunda yang mempunyai banyak penggemar. Seiring dengan berkembangnya zaman dan meningkatnya permintaan, surabi dimodifikasi dengan beragam rasa. Salah satu yang kedai yang menawarkannya adalah kedai Surabi Sukur. Di tempat ini ada dua jenis surabi yang ditawarkan. Ada surabi original dan surabi dengan rasa kekinian. Varian rasa yang ditawarkan ada rasa surabi persib, surabi kopi, surabi green tea surabi gula merah, surabi jagung keju, surabi strawberry dan surabi cokelat. Tinggal pilih yang sesuai dengan selera Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *