4 Kegunaan Batik Indonesia Pada Bidang Fashion

Image resultBatik menjadi salah satu kain khas Indonesia yang populer di dunia. Popularitasnya telah berhasil menembus pasar dunia. Di negeri ini sendiri, kegunaan batik Indonesia pun beragam, mulai dipakai menjadi pakaian sehari-hari, hingga pakaian untuk menghadiri acara penting dan formal. Mulai dari laki-laki dan perempuan, anak kecil hingga orang dewasa tidak segan-segan menggunakan batik. Dari sekian banyak kegunaannya pada bidang fashion, berikut ini beberapa jenis pakaian yang biasanya memanfaatkan batik sebagai kain dasarnya. Yuk, simak informasinya berikut ini.

Kemeja dan Blouse

Kain batik umumnya diubah menjadi baju dalam model kemeja untuk laki-laki dan blouse untuk perempuan. Model ini lah yang bsianya menjadi style paling umum dan dipilih oleh para pengusaha busana. Selain banyak yang memanfaatkanya sebagai pakaian kerja dan sekolah, kegunaan batik Indonesia jenis ini juga lebih luas, misalnya untuk menghadiri acara, hingga hangout bersama dnegan teman.

Celana

Ketika Anda mengunjungi kota batik seperti Yogyakarta, Anda tidak akan sulit menemukan celana batik. Celana ini biasnaya dipakai dalam keadaan santai, karena modelnya memang dibuat lurus seperti celana piayama. Tetapi, banyak juga model yang disesuaikan untuk kesan yang lebih rapih, seperti model colotte pants. Dengan begitu, celana batik lebih fleksibel di gunakan pada banyak momen.

Rok

Selain ditransformasikan ke dalam celana, kegunaan batik Indonesia lainnya adalah dibuat menjadi rok. Pada zaman dahulu mungkin jika Anda ingin menggunakan kain batik sebagai bawahan Anda, maka Anda harus melilit kain yang panjang tersebut di pingang Anda hingga berbentuk rok. Seiring perkembangan zaman, semuanya dibuat lebih praktis, termasuk membuat rok batik. Model batik ini bisa Anda gunakan untuk sehari-hari, acara non-formal hingg formal. Lebih fleksibel, bukan?

Outter

Tren outter atau baju luar tambahan memang sedang in saat ini. Ternyata, batik pun mengikuti perkembangan ini. Kegunaan batik Indonesia selanjutnya ialah membuatnya menjadi outter. Anda bisa memadu padanan inner yang polos dengan outter batik. Dengan begitu, tampilan Anda akan terlihat elegan sekaligus rapih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *