4 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Saat Membeli Batik

Banyaknya ragam Batik di pasaran membuat Anda harus lebih berhati-hati saat akan membelinya. Pasalnya, banyak batik-batik palsu dijual oleh pedagang nakal. Untuk itu, Anda harus tahu cara membedakan Batik asli dan palsu agar tidak tertipu saat membeli Batik, berikut informasinya.

Perhatikan aroma kain

Untuk mengecek keadaan makan apakah segar atau basi bisa Anda lakukan dengan mencium aromanya, begitu juga kain batik. Untuk mengecek keaslian saat membeli Batik, Anda bisa mencium harum kainnya. Batik tulis dan cap yang asli akan bau malam dan aromanya tidak menyengat. Sementara, batik hasil print atau cetak, akan tercium bau tekstil yang sangat menyengat.

Periksa keadaan kain

Batik yang melewati proses pencantingan atau pengecapan menggunakan lilin Malam akan memiliki bekas tembus dibagian belakang kain. Saat membeli Batik asli, maka Anda akan mliha kesamaan antara bagian depan dan belakang, mulai dari warna, corak, dan motif. Hal ini bisa terjadi karena lilin Malam yang digunakan tembus ke belakang kain. Sementara, kain batik yang diprint warnanya hanya muncul pada satu sisi dan sisi lainnya putih seperti kain biasa. Pastikan Anda memperhatikan ini saat membeli Batik.

Yang rapih belum tentu asli

Sebuah karya yang dibuat dengan tangan tidak seratus persen sama alias presisi antara bentuk satu dengan bentuk lainnya, hal ini pun berlaku untuk kain Batik. Jadi, saat Anda akan membeli Batik, bentuk motif yang tidak persis sama, maka kain tersebut asli dan bukan batik print murah. Batik hasil printing akan memiliki motif, garis, dan warna yang lebih presisi karena dikerjakan oleh mesin, bukan tangan manusia.

Cari tahu harganya

Ungkapan “harga tidak bisa bohong” berlaku saat Anda membeli batik. Saat membeli Batik, jenis tulis dan cap akan memiliki harga lebih mahal daripada batik cetak. Hal ini bisa terjadi karena proses pembuatan Batik tulis dan cap membutuhkan tenaga manual manusia dan masuk ke dalam karya seni. Sementara Batik cetak hanya menggunakn mesin cetak manual yang bisa diproduksi secara massal.

Dengan berbekal 4 tips di atas, Anda tentu akan bisa membedakan mana Batik tulis dan cap asli saat membelinya. Tetapi, dengan penjelasan di atas bukan berarti batik cetak bukanlah Batik palsu, melainkan sebagai pengetahuan Anda untuk membedakan mana Batik tulis dan cap asli dan mana yang bukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *