3 Ragam Kuliner Daerah di Indonesia

Ragam kuliner daerah menjadi salah satu yang dibanggakan oleh masyarakat Indonesia. Dari masing-masing daerah, pasti memiliki setidaknya memiliki satu masakan  nusantara khas daerahnya yang penuh cita rasa dan lezat. Oleh sebab itu, jika Anda berniat untuk melakukan wisata kuliner, Anda tidak perlu repot-repot pergi keliling dunia, cukup di Indonesia, Anda sudah bisa kenyang dengan mencicipi ragam kuliner daerah yang tidak terhitung jumlahnya.

Dari banyaknya daerah di negeri ini artikel berikut akan membanginya menjadi ke dalam beberapa bagian, seperti Indonesia timur, tengah, dan barat. Berikut informasi yang disediakan khusus untuk Anda para pembaca.

Indonesia bagian timur

Daerah timur di Indonesia terkenal sebagai lokasi dengan hasil alam yang sangat kaya, seperti emas dan bebatuan beharga lainnya. Selain hasil bumi, ragam kuliner daerah ini juga unik dan berbeda dari daerah lainnya. Misalnya saja dari Sulawesi, pulau ini akan memanjakan Anda dengan cita rasa dari Coto Makassar, Ikan Cakalang, atau Bubur Manado. Sementara, dari Papua Anda dapat mencicipi papeda dan kudapan berbahan sagu yang unik. Terakhir, jika Anda ingin olahan ayam yang pedas, Anda isa memilih Ayam Taliwang khas Lombok.

Indonesia bagian tengah

Berada di tengah-tengah Indonesia, pulau Kalimantan memiliki ragam kuliner daerah yang penuh cita rasa sekaligus lezat. Sebagai pulau terbesar di negara Indonesia, tentu saja daerah ini memiliki jumlah makanan khas yang tidak kalah banyak, seperti Lempok Durian khas kota Pontianak, Soto Banjar khas Banjarmasin, Bubur Pedas dari Kalimantan Barat, Pisang Gapit ala Balikpapan, dan Mie Sagu khas Samarinda.

Indonesia bagian barat

Menjadi daerah ketiga di nusantara, ragam kuliner daerah barat Indonesia di dominasi oleh makanan khas dari pulau Sumatera. Anda mungkin bisa mencoba makananan dari Aceh seperti Ayam Tangkap dan Mie Aceh. Sementara di daerah Sumatera Utara, Anda dapat menyantap kudapan seperti Saksang, Pelleng, Arsik, dan Naniura. Selanjutnya, di daerah utara pulau ini, Anda bisa mencoba kuliner seperti Pempek dan Tekwa khas Palembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *